Minggu, 16 Mei 2010

navigasi/gps gratis dari nokia


Jika selama ini fasilitas navigasi berbasis satelit, atau akrab disebut GPS, bersifat berbayar, beda halnya dengan solusi navigasi dari Nokia. Baru-baru ini Nokia mengumumkan tidak akan memungut biaya sepeser pun untuk peta berbagai kota (sekitar lebih dari 200 kota) di dunia.Bro & Sis bisa memanfaatkan fasilitas gratisan ini? Untuk saat ini, pastikan perangkat yang dimiliki adalah : Nokia N97 mini, 5800 XpressMusic, 5800 Navigation Edition, E52, E55, E72, 5230, 6710 Navigator, 6730 classic, dan X6. Perangkat lain masih masuk dalam daftar tunggu untuk di-update. Jika ponselnya masuk dalam

daftar, Bro & Sis langsung bisa mendownload Ovi Maps di sini.

Selain itu, pastikan Bro & Sis sudah memiliki Nokia Maps Uploader (download di sini) untuk memasukkan data peta kota yang diinginkan. Tidak hanya peta, Nokia rupanya juga menyiapkan berbagai panduan yang juga gratis. Panduan yang diberikan juga tidak sembarangan, dan merupakan hasil kolaborasi dengan Lonely Planet dan Michelin Guide. Hasil mengintip beberapa menit di Wikipedia menyatakan bahwa Michelin Guide sudah ada sejak tahun 1900!! Wow, saya yakin Bro & Sis pasti lebih yunior.

Untuk navigasi, seperti di judul, pedestrian dan drive navigation kini menjadi fasilitas gratis. Bagi Bro & Sis yang belum memiliki ponsel Nokia ber-GPS, tak perlu terburu-buru untuk membeli ponsel baru, mengingat ponsel Nokia yang diluncurkan mulai bulan Maret 2010 sudah akan mengemas aplikasi Ovi Maps sebagai paket standarnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar